Minggu, 07 September 2014

Bagaimana Al Quran Bisa Mudah Dihafal?

Bagaimana Al Quran bisa mudah dihafal? 

       Tidak satu pun kitab atau buku di dunia yang paling banyak dihafal manusia selain Al Quran. Milyaran manusia telah menghafalnya sejak ia diturunkan hingga hari ini. Inilah sebuah mukjizat abadi yg terus berkelanjutan hingga akhir zaman. Pertolongan Allah Swt yang membuat Al Quran begitu digemari untuk dibaca, serta mudah untuk dihafalkan.
       
       Kaum muslimin di seluruh dunia pasti pernah menghafal Al Quran di dada & pikiran mereka, baik seluruhnya atau sebagian saja. Minimal surat Al Fatihah dan sejenisnya mereka hafalkan. Hingga andai satu kalimat, atau kata, huruf maupun harkat Al Quran berubah maka banyak muslimin yang mengetahuinya sebab Al Quran telah meresap pada diri mereka. Inilah salah 1 mukjizat Al Quran yg membuat ia mudah dihafal, keindahan sastra Al Quran mampu merangkum keluasan makna dengan kalimat singkat dan lugas hingga mudah diucapkan, dipahami dan dihafalkan.        
       
       Contohnya adalah surat Al Ikhlas yg berbicara tentang konsep ketuhanan. Al Quran dengan tegas dan lugas merangkum konsep theologi yg amat singkat & tegas. Padahal banyak buku lain membahasnya dengan ratusan bahkan ribuan halaman yang terkadang masih sulit dimengerti. Namun dalam kesederhanaan konsep tapi sarat makna, surat yang ringkas ini berhasil mengubah pedoman hidup manusia tetang ketuhanan. 
      
        Lebih lagi, surat ini amat mudah dihafalkan. Alasan kedua mengapa Al Quran mudah dihafalkan sebab hampir 80% struktur kalimat Al Quran adalah pengulangan. Contohnya seperti: Innallaha alaa kulli syai'in qadiir...Wa aqiimus shalata wa aatuz zakah... Dua kalimat tersebut dan banyak kalimat Al Quran lainnya terjadi berulang di banyak tempat. Meski diulang berkali2, namun ia sarat makna & ajaran yang tidak abaikan konteks & esensi. 
       Bacalah surat Al Qamar pada ayat 17, 22, 32 & 40! Allah Swt nyatakan bahwa Al Quran telah dimudahkan untuk dihafal. Dalam 4 ayat tersebut, bunyi & redaksinya persis sama; yaitu tentang kemudahan menghafal Al Quran. 4 ayat berulang ini menjadi sugesti positif bagi manusia yang merenunginya bahwa Al Quran memang sungguh mudah untuk dihafal. 
       Bila Allah telah menyatakan tentang kemudahan menghafal Al Quran, lalu apa alasan & hambatan bagi mereka yg sulit untuk menghafalnya?
       Abdullah bin Ummi Maktum adalah seorang sahabat Rasul Saw, Syekh Kisyk adalah seorg da'I terkenal asal Mesir. Keduanya buta tiada melihat, namun mampu menghafal Al Quran. Abdullah bin Abbas Ra adalah sahabat Rasul Saw. Muhammad bin Idris As Syafi'I adalah seorang imam mazhab. Husein Taba'I adlah doktor cilik dari Iran. Ketiganya mampu hafal Al Quran di usia belia.Umar bin Khattab Ra tadinya seorg musyrik. Namun hatinya luluh saat mendengar surat Taha dibacakan. Ia pun masuk Islam dan menghafal Al Quran. 
       Nah..., bila mereka yang buta mampu menghafal Al Quran, lalu apa alasan kita yang melihat dengan terang? 
 Anak kecil saja mampu, bagaiman usaha kita yg sudah cukup berusia?
Bila seorang musyrik tertarik dengan Islam karna keindahan Al Quran, lalu bagamana kedudukan Al Quran di hati kita?
       Ayo hafalkan Al Quran.... Hidupmu niscaya bercahaya!!! 
Ingin bisa mudah & cepat hafal Al Quran??

Silahkan dapatkan rahasianya di Rumah Tahfidz Basmalah Learning Qur'an (BLQ) Cibinong

TELP. 021-4086 5376
Alamat : JL MASJID AL-BALIYAH KEBON KOPI PABUARAN CIBINONG-BOGOR 16916

0 comments:

Posting Komentar