Jumat, 19 September 2014

Cara Mudah Menghafal Nama-Nama Surah Dalam Al Qur'an Part 1

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokaatuh  
       Al Qur’an adalah Kitab Suci agama Islam yang wajib dibaca dan dipelajari oleh setiap umat Muslim. Namun faktanya, sangat jarang umat muslim yang bisa menghafal seluruh isi Al Qur’an (Tahfidz ). Jangankan hafal isinya, urutan nama-nama surah yang ada dalam Al Qur’an saja tidak banyak yang hafal. 
       Nah untuk lebih meningkatkan motivasi kita semua agar nantinya mampu menghafal seluruh isi Al Qur’an , maka saya coba memulainya  dengan memberikan satu cara yang menyenangkan untuk menghapal nama-nama surah dalam Al Qur’an. Salah satu metode menghapal yang cukup efektif adalah dengan membuat cerita dari urutan surah sehingga kita mudah mengingatnya.
       Cobalah baca Cerita-cerita di bawah ini, dan perhatikan kata-kata yang berhuruf besar. Kata-kata tersebut adalah nama-nama surat dalam Al Qur’an. Hafalkan ceritanya, dan kemudian tuliskan kata-kata tersebut secara berurut. Maka akan kita dapatkan nama surat dan nomor urutnya.
Silahkan mencoba:

Cerita I ; (Surah 1 – 10)
      "Pada suatu hari ada seorang pemuda bernama AL FATIHAH yang sedang PEMBUKAAN pintu kandang. Ternyanta di dalamnya ada SAPI BETINA memakai kalung bertuliskan ALBAQARAH.        
        Lalu sapi betina tersebut ingin dijual ke KELUARGA IMRON, ALI IMRON mempunyai anak PEREMPUAN bernama AN NISA
       Lantas Ali Imron menyuruh anaknya agar membuatkan HIDANGAN bersama emaknya yang bernama Al MA'IDAH. Ma'idah menyiapkan BINATANG TERNAK nya yang berjumlah Al AN'AM untuk dijadikan hidangan. Tapi satu kabur ke TEMPAT YANG TINGGI yakni kerumah orang Al ARAF
       Orang Araf ini di rumahnya banyak sekali hasil RAMPASAN PERANG sehingga suatu hari dia terpeleset masuk rumah sakit lalu Al ANFAL. Lalu orang Araf ini ber TAUBAT kepada Allah SWT dibantu oleh Nabi YUNUS AS".
Ulang-ulangi terus cerita tersebut diatas, sebanyak minimal 3x lalu bayangkan dengan otak kanan, lalu sebutkan lah nama-nama surat didalam Al Qur'an mulai dari surat 1 Al Fatihah s/d  surat 10 Yunus
NO.KRONOLOGI CERITA
  1. PEMBUKAAN -> AL-FATIHAH
  2. SAPI BETINA -> AL-BAQOROH
  3. KELUARGA IMRAN -> ALI IMRON 
  4. PEREMPUAN -> AN NISA
  5. HIDANGAN -> AL MAIDAH
  6. BINATANG TERNAK -> AL AN ‘AM
  7. TEMPAT-TEMPAT YANG TINGGI -> AL A’ ROF
  8. HARTA RAMPASAN PERANG -> AL ANFAL
  9. TAUBAT -> AT TAUBAH
  10. NABI YUNUS -> YUNUS

0 comments:

Posting Komentar