Rabu, 09 September 2015

SUPER QURBAN UNTUK SANTRI-SANTRI PENGHAFAL AL QURAN

SUPER QURBAN UNTUK SANTRI-SANTRI PENGHAFAL AL QURAN

“Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka laksanakanlah shalat untuk Rabbmu dan berkurbanlah” (Qs Al-Kautsar 1-2).

Menyembelih hewan qurban pada hari Idul Adha adalah amal shalih yang paling utama, lebih utama daripada sedekah dengan nilai yang sepadan atau lebih. Bahkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menegaskan bahwa qurban lebih utama daripada jihad:

“Tidak ada amalan yang lebih utama pada hari-hari (tasyriq) ini selain berkurban.” Para sahabat berkata, “Tidak juga jihad?” Beliau menjawab: “Tidak juga jihad. Kecuali seseorang yang keluar dari rumahnya dengan mengorbankan diri dan hartanya (di jalan Allah), lalu dia tidak kembali lagi” (HR Bukhari).

Qurban juga sangat bermanfaat di Akhirat, kelak hewan yang dikurbankan itu akan datang lengkap beserta seluruh bulu, tanduk dan kukunya.

“Tidak ada satu amalan yang paling dicintai Allah dari bani Adam pada hari Nahr (hari raya Idul Adha) selain menyembelih hewan qurban. Sesungguhnya hewan qurban itu kelak pada hari kiamat akan datang beserta tanduk-tanduknya, bulu-bulunya dan kuku-kukunya. Dan sesungguhnya sebelum darah qurban itu menyentuh tanah, ia (pahalanya) telah diterima di sisi Allah, maka beruntunglah kalian semua dengan (pahala) qurban itu” (HR Tirmidzi, Ibnu Majjah dan Hakim).

Sedemikian agungnya syariat qurban, sehingga Rasulullah SAW mengecam keras orang mampu yang enggan berkurban:

“Barangsiapa yang berkelapangan (harta) namun tidak mau berkurban maka jangan sekali-kali mendekati tempat shalat kami” (HR Ibnu Majah & Al-Hakim, dihasankan oleh Syaikh Albani).

Selain untuk mendekatkan diri (taqarrub) dan menyatakan kecintaan kepada Allah, qurban juga bermanfaat untuk meneguhkan nilai-nilai pengabdian, kemanusiaan, solidaritas, persaudaraan dan silaturrahim dalam rangka mengurangi kesenjangan sosial demi tegaknya dakwah dan jihad.

DISTRIBUSI QURBAN:

🔹Santri Penghafal Al Quran
🔹Yatim, Dhuafa, Mualaf dan para Jompo

JENIS DAN HARGA HEWAN QURBAN

Hewan qurban yang memenuhi syarat syar’i, jantan, sehat, tidak cacat dan terbebas dari penyakit, dengan harga sbb:

1. KAMBING/DOMBA:
     Rp 1.950.000 s/d 5.000.000,-

2. SAPI/LEMBU:
    Rp 16.000.000 s/d 30.000.000,-

3. SAPI KOLEKTIF
Patungan/urunan tujuh orang, dengan biaya per-orang Rp 2.300.000 hingga 4.000.000,-

TRANSFER QURBAN :

- Bank Mandiri 156.00.0294612.9
- BCA 6830.3280.31
- BJB 002.4344.800.100

a/n Mohamad Ari Budiman

CATATAN:
Untuk prosesi penyembelihan hewan qurban (di mana nama pequrban akan diucapkan/dilafazhkan saat penyembelihan qurban), mohon melakukan konfirmasi kepada 081908900707

INFO SELENGKAPNYA:
www.basmalahlearningquran.com

0 comments:

Posting Komentar